Rpp K13 Seni Budaya Kelas 7 (Revisi)
RPP K13 Seni Budaya Kelas 7 (Revisi) saya bagikan kepada anda semua untuk menjadi panduan dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran yang baik.
Adapun isi dari RPP tersebut ialah sebagai berikut:
Materi Pokok : Menggambar flora, fauna dan alam benda
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Setelah proses berguru mengajar akseptor didik :
1. Mampu menjelaskan pengertian, objek gambar, komposisi, proporsi,keseimbangan , media dan teknik dalam menggambar flora, fauna dan alam benda
2. Mampu menerapkan teknik menggambar flora, fauna dan alam benda
Pertemuan 2
Setelah proses berguru mengajar akseptor didik :
1. Mampu membedakan karakteristik objek gambar flora, fauna dan alam benda
2. Mampu menghasilkan karya gambar flora, fauna dan alam benda
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan 1
1. Pengertian Menggambar
Menggambar merupakan acara mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk gesekan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan memakai imajinasi dan perasaan melalui alat gambar, menyerupai pensil, bolpoin, krayon, dan alat lain yang sanggup dipakai untuk menulis. Menggambar sanggup juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.
2. Memahami Objek Menggambar
Menggambar tidak terpaku pada satu macam objek saja tetapi sanggup mengambil dan menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan. Objek gambar sanggup diambil dari alam menyerupai tanaman (tumbuhan), fauna (hewan), dan bentuk-bentuk alam benda yang dibentuk insan atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam menyerupai batu, air, dan awan.
3. Komposisi
Penempatan objek gambar sebetulnya sanggup disusun sesuai dengan harapan dan kreativitas yang akseptor didik miliki. Sebelum objek gambar dibuat, sebaiknya akseptor didik harus Menentukan jenis benda yang akan digambar. Benda yang lebih besar dihentikan menutupi benda yang lebih kecil. Komposisi dalam menggambar sanggup dibedakan dalam dua bentuk, yaitu: simetris dan asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar mempunyai proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama juga disusun sama. Komposisi asimetris bila objek gambar mempunyai proporsi bentuk yang sama, tetapi keseimbangan berbeda, namun tetap memperhatikan keseimbangan dan keindahan.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda unduh filenya pada link di bawah ini:
Adapun isi dari RPP tersebut ialah sebagai berikut:
Materi Pokok : Menggambar flora, fauna dan alam benda
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Setelah proses berguru mengajar akseptor didik :
1. Mampu menjelaskan pengertian, objek gambar, komposisi, proporsi,keseimbangan , media dan teknik dalam menggambar flora, fauna dan alam benda
2. Mampu menerapkan teknik menggambar flora, fauna dan alam benda
Pertemuan 2
Setelah proses berguru mengajar akseptor didik :
1. Mampu membedakan karakteristik objek gambar flora, fauna dan alam benda
2. Mampu menghasilkan karya gambar flora, fauna dan alam benda
D. MATERI PEMBELAJARAN
1.Materi Pembelajaran Reguler
Pertemuan 1
1. Pengertian Menggambar
Menggambar merupakan acara mental dan fisik yang dituangkan dalam bentuk gesekan tangan, pada media dua dan tiga dimensi. Dengan memakai imajinasi dan perasaan melalui alat gambar, menyerupai pensil, bolpoin, krayon, dan alat lain yang sanggup dipakai untuk menulis. Menggambar sanggup juga diartikan sebagai bentuk kegiatan seni rupa yang melibatkan gagasan dan imajinasi media dua dan tiga dimensi dengan memperhatikan proporsi, komposisi, keseimbangan, dan gelap terang.
2. Memahami Objek Menggambar
Menggambar tidak terpaku pada satu macam objek saja tetapi sanggup mengambil dan menyusun objek gambar sesuai dengan imajinasi dan perasaan. Objek gambar sanggup diambil dari alam menyerupai tanaman (tumbuhan), fauna (hewan), dan bentuk-bentuk alam benda yang dibentuk insan atau benda yang sudah ada sebelumnya di alam menyerupai batu, air, dan awan.
3. Komposisi
Penempatan objek gambar sebetulnya sanggup disusun sesuai dengan harapan dan kreativitas yang akseptor didik miliki. Sebelum objek gambar dibuat, sebaiknya akseptor didik harus Menentukan jenis benda yang akan digambar. Benda yang lebih besar dihentikan menutupi benda yang lebih kecil. Komposisi dalam menggambar sanggup dibedakan dalam dua bentuk, yaitu: simetris dan asimetris. Komposisi simetris apabila objek yang akan digambar mempunyai proporsi dan keseimbangan bentuk yang sama juga disusun sama. Komposisi asimetris bila objek gambar mempunyai proporsi bentuk yang sama, tetapi keseimbangan berbeda, namun tetap memperhatikan keseimbangan dan keindahan.
Download RPP K13 Seni Budaya Kelas 7 (Revisi)
Untuk lebih jelasnya silahkan anda unduh filenya pada link di bawah ini:
0 Response to "Rpp K13 Seni Budaya Kelas 7 (Revisi)"
Posting Komentar