Struktur Kurikulum 2013 Mi Terbaru

Struktur Kurikulum MI Simpatika 2018 – Memasuki tahun aliran gres salah satu hal penting yang harus diperhatikan ialah menciptakan jadwal pelajaran.

Dalam pembuatan jadwal pelajaran, waka kurikulum harus memperhatikan struktur kurikulum yang berlaku ketika ini.

Untuk membantu anda, di sini saya akan membagikan Struktur Kurikulum 2013 MI Terbaru sesuai dengan Keputusan Menteri Agama Nomor 165 Tahun 2014 wacana Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab pada Madrasah.

Berdasarkan peraturang tersebut, strukutur Kurikulum 2013 Madrasah Ibtidaiyah ialah sebagai berikut:

 Memasuki tahun aliran gres salah satu hal penting yang harus diperhatikan ialah menciptakan  Struktur Kurikulum 2013 MI Terbaru

Keterangan:

1. Mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya sanggup memuat Bahasa Daerah. Selain acara intrakurikuler menyerupai yang tercantum di dalam struktur kurikulum di atas, terdapat pula acara ekstrakurikuler Madrasah Ibtidaiyah antara lain Pramuka (Wajib), Unit Kesehatan Sekolah, Kegiatan Rohani Islam (Rohis) dan lain sebagainya.

2. Kegiatan ekstra kurikuler yaitu, Pramuka (utama), Unit Kesehatan Madrasah, Palang Merah Remaja, Kegiatan Rohani Islam (Rohis), Olahraga, Kesenian, Karya Ilmiah Remaja, Olimpiade dan yang lainnya ialah dalam rangka mendukung pembentukan kepribadian, kepemimpinan dan perilaku sosial penerima didik, terutamanya ialah perilaku peduli. Di samping itu juga sanggup dipergunakan sebagai wadah dalam penguatan pembelajaran berbasis pengamatan maupun dalam perjuangan memperkuat kompetensi keterampilannya dalam ranah konkrit. Dengan demikian acara ekstra kurikuler ini sanggup dirancang sebagai pendukung acara kurikuler.

3. Mata pelajaran Kelompok A ialah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh pusat. Mata pelajaran Kelompok B yang terdiri atas mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya serta Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan ialah kelompok mata pelajaran yang kontennya dikembangkan oleh sentra dan dilengkapi dengan konten lokal yang dikembangkan oleh pemerintah daerah.

4. Bahasa Daerah sebagai muatan lokal sanggup diajarkan secara terintegrasi dengan mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya atau diajarkan secara terpisah apabila kawasan merasa perlu untuk memisahkannya. Satuan pendidikan sanggup menambah jam pelajaran per ahad sesuai dengan kebutuhan satuan pendidikan tersebut.

5. Sebagai pembelajaran tematik terpadu, angka jumlah jam pelajaran per ahad untuk tiap mata pelajaran ialah relatif. Guru sanggup menyesuaikannya sesuai kebutuhan penerima didik dalam pencapaian kompetensi yang diharapkan.

6. Jumlah alokasi waktu jam pembelajaran setiap kelas merupakan jumlah minimal yang sanggup ditambah sesuai dengan kebutuhan penerima didik.

Beban berguru merupakan keseluruhan acara yang harus diikuti penerima didik dalam satu minggu, satu semester, dan satu tahun pembelajaran:

1. Beban berguru di Madrasah Ibtidaiyah dinyatakan dalam jam pembelajaran per minggu.

a. Beban berguru satu ahad Kelas I ialah 34 jam pembelajaran.

b. Beban berguru satu ahad Kelas II ialah 36 jam pembelajaran.

c. Beban berguru satu ahad Kelas III ialah 40 jam pembelajaran.

d. Beban berguru satu ahad Kelas IV, V, dan VI ialah 43 jam pembelajaran, durasi setiap satu jam pembelajaran ialah 35 menit.

2. Beban berguru di Kelas I, II, III, IV, dan V dalam satu semester paling sedikit 18 ahad dan paling banyak 20 minggu.

3. Beban berguru di kelas VI pada semester ganjil paling sedikit 18 ahad dan paling banyak 20 minggu.

4. Beban berguru di kelas VI pada semester genap paling sedikit 14 ahad dan paling banyak 16 minggu.

5. Beban berguru dalam satu tahun pelajaran paling sedikit 36 ahad dan paling banyak 40 minggu.

Demikianlah gosip mengenai Struktur Kurikulum 2013 MI Terbaru yang sanggup kami sampaikan kepada anda semuanya.

0 Response to "Struktur Kurikulum 2013 Mi Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel