Prosedur Pengajuan Santunan Madrasah Melalui Aplikasi Sim Sarpras
Sahabat , pada kesempatan kali ini Admin akan membuatkan informasi kepada anda semua mengenai Prosedur Pengajuan Bantuan Madrasah melalui Aplikasi SIM Sarpras.
Bagi anda yang belum tahu, Aplikasi SIM Sarpras ialah sebuah aplikasi yang diperuntukan bagi madrasah dan juga pondok pesantren untuk memudahkan dalam proses pengajuan bantuan.
Madrasah dan Ponpes yang hendak mengajukan pinjaman hanya perlu menentukan jenis pinjaman yang ingin diajukan. Tak perlu lagi menciptakan proposal dalam bentuk cetak kertas.
Adapun syarat utama bagi Madrasah dan Ponpes yang sanggup mengajukan pinjaman ialah telah terdaftar di dalam EMIS SDM, dan telahah melaksanakan entri data. Sebab data tersebut akan digunakan sebagai dasar evaluasi pinjaman sarpras yang diberikan.
Adapun alur prosesnya pengajuan pinjaman sanggup anda lihat pada gambar nomor 2 di atas.
Adapun Pengajuan Proses pengajuan pinjaman :
Cara Monitoring tersebut ialah sebagai berikut:
A. Kelompok Bantuan ialah modul maste rdata Kelompok Bantuan yang akan membedakan antara Lembaga Madrasah dan Pondok Pesantren yang nantinya akan tampil pada pilihan ketika Register Bantuan. Caranya:
B. Jenis Dokumen Modul ini digunakan untuk menambahkan jenis Dokumen yang diwajibkan dalam proses pengajuan bantuan. Dalam modul ini juga sanggup menambahkan jenis pinjaman yang harus dilengkapi oleh pemohon ketika melaksanakan pengajuan bantuan. Caranya:
C. Pengaturan Umum Dalam modul ini untuk pengaturan aplikasi
D. Pengumuman Modul ini digunakan untuk menciptakan pengumuman atau pun gosip yang tentunya akan muncul disemua halaman baik forum maupun admin level pada halaman dashboard.
Bagi anda yang belum tahu, Aplikasi SIM Sarpras ialah sebuah aplikasi yang diperuntukan bagi madrasah dan juga pondok pesantren untuk memudahkan dalam proses pengajuan bantuan.
Madrasah dan Ponpes yang hendak mengajukan pinjaman hanya perlu menentukan jenis pinjaman yang ingin diajukan. Tak perlu lagi menciptakan proposal dalam bentuk cetak kertas.
Adapun syarat utama bagi Madrasah dan Ponpes yang sanggup mengajukan pinjaman ialah telah terdaftar di dalam EMIS SDM, dan telahah melaksanakan entri data. Sebab data tersebut akan digunakan sebagai dasar evaluasi pinjaman sarpras yang diberikan.
Adapun alur prosesnya pengajuan pinjaman sanggup anda lihat pada gambar nomor 2 di atas.
Modul Lembaga
Modul forum ditujukan bagi madrasah dan Ponpes dalam mengajukan proses bantuan. Ada beberapa sub-modul yang sanggup dilakukan oleh lembaga, yaitu :- Update profil data sarana prasarana
- Mengajukan bantuan
- Monitoring proses pengajuan pinjaman
Pengajuan Bantuan
Guna proses pengajuan pinjaman forum Madrasah/Ponpes terdapat 2 syarat wajib yang harus dipenuhi yaitu:- Mempunyai akun EMIS SDM yang telah diaktifasi
- Telah melaksanakan upload data pada EMIS SDM.
Cara Mendaftar Akun EMIS SDM
Adapun Cara Mendaftar Akun EMIS SDM ialah sebagai berikut:- Buka website pendaftaran EMIS SDM dengan beralamat berikut ini: http://emispendis.kemenag.go.id/emis_sdm/daftar.php
- Isi semua data yang ada
Masuk ke Aplikasi SIM SARPRAS
Apabila proses pendaftaran telah berhasil dan telah melaksanakan update data di dalam Aplikasi EMIS maka lanjutkan proses pengajuan bantuan. Caranya:- Silahkan buka alamat berikut ini: http://pendis.kemenag.go.id/sarprasapp/
- Masukan username dan juga password yang telah diregistrasi di dalam akun EMIS SDM
Update Profil Sarana Prasarana
Sesudah anda berhasil melaksanakan login ke aplikasi SIM Sarpras, hal pertama yang harus dilakukan ialah melaksanakan Update Profil Sarpras. Caranya:- Klik pada Menu Profil Lembaga
- Klik pada Tombol Update Profil
- Apabila proses update berhasil maka : Data Umum, Sarana dan Prasarana, PTK dan peserta bimbing akan terisi, sesuai dengan data terakhir yang telah di Upload di dalam Emis.
Proses Pengajuan Bantuan
Proses pengajuan pinjaman Sarpras hanya perlu dengan menentukan jenis bantuan. Adapun ketentuannya ialah hanya sanggup melaksanakan permohonan sekali dalam satu jenis bantuan. Apabila pada tahun sebelumnya telah memperoleh pinjaman maka pada tahun selanjutnya tidak sanggup mengajukan pinjaman yang sama selama dalam jangka waktu minimal 5 tahun ke depan.Adapun Pengajuan Proses pengajuan pinjaman :
- Klik pada Menu Bantuan
- Klik pada Daftar Bantuan
- Pilih pada Daftar Bantuan yang akan diajukan dengan klik pada tombol Daftar
- Klik pada Daftar Pengajuan Bantuan
- Lakukanlah Upload Dokumen yang dibutuhkan dan juga Upload Foto Kondisi
- Klik pada Daftar Pengajuan Bantuan
- Cetak Surat Pernyataan
Monitoring Proses Pengajuan Bantuan
Sesudah proses pengajuan pinjaman terealisasi maka, proses berikutnya ialah melaksanakan monitoring terhadap proses pinjaman yang berjalan. Melalui Aplikasi SIM Sarpras ini, kita sanggup melihat progres bantuan. Apakah telah dilakukan verifikasi dokumen, kapan dilakukan penetapannya, dan bagaimana status pengajuan yang sudah anda lakukan.Cara Monitoring tersebut ialah sebagai berikut:
- Klik pada sajian Bantuan
- Klik pada sajian Bantuanku, disini terlihat status prosesnya dan status approval nya
Modul Admin User
Modul Admin User diperuntukan bagi para Admin tingkat Kabupaten/Kota, Admin Level Kanwil dan juga Admin Level Pusat. Dalam modul Admin User, Admin sanggup menambahkan jenis pinjaman serta sanggup melaksanakan evaluasi terhadap pemohon pinjaman yang diajukan.Register Jenis Bantuan
- Klik pada Menu Bantuan
- Klik pada Menu Buat Bantuan
- Isi data Jenis Bantuan
- Klik Tombol Simpan
Proses Penilaian Pemohon
Proses berikutnya yang wajib dilakukan Admin User ialah menawarkan evaluasi terhadap data-data yang diajukan oleh pemohon. Caranya:- Klik pada sajian Verifikasi Data
- Klik pada proses yang akan dilakukan, klik pada angka yang tampil
- Maka akan tampil daftar pemohon yang sudah melaksanakan permohonan bantuan
- Klik pada tombol Review guna menawarkan evaluasi terhadap pemohon
- Tentukanlah hasil Check Dokumen, dan masukan catatan yang diperlukan
- Klik Tombol Simpan.
Pengaturan Aplikasi SIM Sarpras
Modul ini dikhususkan bagi Admin Level Pusat, dimana mereka diperbolehkan untuk melaksanakan Customize terhadap aplikasi SIM Sarpras, diantararanya ialah:A. Kelompok Bantuan ialah modul maste rdata Kelompok Bantuan yang akan membedakan antara Lembaga Madrasah dan Pondok Pesantren yang nantinya akan tampil pada pilihan ketika Register Bantuan. Caranya:
- Klik pada Master Data
- Klik pada Kelompok Bantuan
B. Jenis Dokumen Modul ini digunakan untuk menambahkan jenis Dokumen yang diwajibkan dalam proses pengajuan bantuan. Dalam modul ini juga sanggup menambahkan jenis pinjaman yang harus dilengkapi oleh pemohon ketika melaksanakan pengajuan bantuan. Caranya:
- Klik pada Master Data
- Klik pada Jenis Dokumen
C. Pengaturan Umum Dalam modul ini untuk pengaturan aplikasi
- Apakah aplikasi membatasi pemohonan jenis pinjaman yang sama, jikalau diilih Ya, maka Sistem akan melaksanakan filter terhadap pemohon, apakah sudah pernah mendapatkan pinjaman homogen pada tahun-tahun sebelumnya
- Berapa usang batas penerimaan jenis pinjaman yang sama, jikalau pada tahap pertama dipilih Ya maka, pada point kedua ini akan menentukan berapa usang pemohon sanggup mengajukan permohonan jenis pinjaman serupa
- Tahun Anggaran yang diaktifkan dalam proses tarik data
- Semester yang diaktifkan dalam proses tarik data
D. Pengumuman Modul ini digunakan untuk menciptakan pengumuman atau pun gosip yang tentunya akan muncul disemua halaman baik forum maupun admin level pada halaman dashboard.
- Klik pada Master Data
- Klik pada Pengumuman
0 Response to "Prosedur Pengajuan Santunan Madrasah Melalui Aplikasi Sim Sarpras"
Posting Komentar