Panduan Pengelolaan Emis Kemenag Online
Seperti yang telah diketahui bersama, mulai Tahun Pelajaran 2017/2018 pengelolaan EMIS tidak lagi berbasis pada Microsoft Excel. Melainkan sudah diganti menjadi Aplikasi Berbasis Online.
Untuk itu pada kesempatan kali ini aku akan mengembangkan isu kepada anda semua mengenai Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online.
Panduan ini merupakan tahap pengenalan tata cara pengelolaan Apllikasi EMIS Kemenag Online. Sebab hingga artikel ini ditulis, website EMIS Kemenag masih belum bisa dipakai secara maksimal.
Maka dari itu, panduan yang aku lampirkan dalam format pdf di simpulan artikel ini, dibutuhkan bisa menjadi bekal persiapan dalam memakai Aplikas EMIS Kemenag sesudah resmi dirilis nanti.
Di sini aku akan mebahas satu per satu sajian yang terdapat pada Aplikasi EMIS Kemenag online, silahkan perhatikan
Untuk bisa melaksanakan anda harus memasukkan Username dan Kata Kunci dengan Benar lalu klik Tombol Masuk.
Pada laman Beranda akan ditampilkan Fitur-fitur utama yang terdapat pada Aplikasi EMIS Kemenag Online, mencakup Profil Lembaga, Sarana Prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siswa, Kegiatan Belajar Mengajar, Keuangan dan Bantuan, Profik PTK dan Siswa, serta Jadwal.
Anda bisa melaksanakan Edit Profil Lembaga yang mencakup NSM, NPSN, Nama Madrasah, Status Madrasah, Waktu Belajar, Jurusan/Program, Jenis Bahasa, Kategori Madrasah dan NPWP.
Pada sajian Profil Lembaga terdapat beberapa Sub Menu yaitu:
Untuk lebih jelasnya, silahkan simak Video Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online berikut ini:
Menu SARANA PRASARANA berisi perihal semua peralatan yang terdapat di Madrasah menyerupai Meja, kursi, papan tulis, laboratorium dan lain sebagainya. Semua isu mengenai SARPRAS Madrasah tersebut harus diinput sesuai dengan Kondisi riil di setiap Madrasah.
Menu KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR berisi perihal isu KBM di Madrasah, menyerupai Kurikulum yang digunakan, Jam tatap Muka, Buku Pelajaran untuk siswa dan guru dan lain sebagainya.
Menu Keuangan berisi perihal data keuangan Sekolah mencakup Penerimaan Keuangan Madrasah, Pengeluaran Keuangan Madrasah, Bantuan yang pernah diterima dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda download Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online dengan format PDF berikut:
Demikianlah isu mengenai Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
Untuk itu pada kesempatan kali ini aku akan mengembangkan isu kepada anda semua mengenai Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online.
Panduan ini merupakan tahap pengenalan tata cara pengelolaan Apllikasi EMIS Kemenag Online. Sebab hingga artikel ini ditulis, website EMIS Kemenag masih belum bisa dipakai secara maksimal.
Maka dari itu, panduan yang aku lampirkan dalam format pdf di simpulan artikel ini, dibutuhkan bisa menjadi bekal persiapan dalam memakai Aplikas EMIS Kemenag sesudah resmi dirilis nanti.
Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online
Di sini aku akan mebahas satu per satu sajian yang terdapat pada Aplikasi EMIS Kemenag online, silahkan perhatikan
LOGIN
Untuk bisa melaksanakan anda harus memasukkan Username dan Kata Kunci dengan Benar lalu klik Tombol Masuk.
BERANDA
Pada laman Beranda akan ditampilkan Fitur-fitur utama yang terdapat pada Aplikasi EMIS Kemenag Online, mencakup Profil Lembaga, Sarana Prasarana, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Siswa, Kegiatan Belajar Mengajar, Keuangan dan Bantuan, Profik PTK dan Siswa, serta Jadwal.
EDIT PROFIL LEMBAGA
Anda bisa melaksanakan Edit Profil Lembaga yang mencakup NSM, NPSN, Nama Madrasah, Status Madrasah, Waktu Belajar, Jurusan/Program, Jenis Bahasa, Kategori Madrasah dan NPWP.
PROFIL LEMBAGA
Pada sajian Profil Lembaga terdapat beberapa Sub Menu yaitu:
- Detail Lembaga berisi perihal isu detail lembaga
- Lokasi/Alamat Madrasah berisi perihal koordinat daerah Madrasah berada
- Kontak Madrasah berisi perihal Nomor Telepon, email dan semua kontak madrasah yang bisa dihubungi
- Jarak Madrasah berisi perihal Jarak Madrasah dengan Kantor Kemenag Provinsi dan Kabupaten serta dengan sekolah-sekolah lain di sekitarnya
- Dokumen Perijinan dan ISO berisi perihal data perijinan sekolah dan akta ISO kalau memilikinya
- Akreditasi berisi perihal Status Akreditasi terakhir Madrasah
- KKM berisi perihal isu mengenai Kelompok Kerja Madrasah (KKM), Komite Madrasah dan Asrama Siswa
- Penyelenggara berisi perihal Lembaga yang menjadi penyelenggara sebuah madrasah, contohnya pesantren (hanya untuk madrasah swasta saja)
- Kepala Madrasah berisi perihal isu Kepala Madrasah yang menjabat dikala ini
- Informasi BOS berisi perihal status penerimaan Bantuan Operasional Sekolah (BOS)
- DIPA berisi perihal Dana Isian Pengajuan Anggaran Madrasah
Untuk lebih jelasnya, silahkan simak Video Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online berikut ini:
SARANA PRASARANA
Menu SARANA PRASARANA berisi perihal semua peralatan yang terdapat di Madrasah menyerupai Meja, kursi, papan tulis, laboratorium dan lain sebagainya. Semua isu mengenai SARPRAS Madrasah tersebut harus diinput sesuai dengan Kondisi riil di setiap Madrasah.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Menu KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR berisi perihal isu KBM di Madrasah, menyerupai Kurikulum yang digunakan, Jam tatap Muka, Buku Pelajaran untuk siswa dan guru dan lain sebagainya.
KEUANGAN
Menu Keuangan berisi perihal data keuangan Sekolah mencakup Penerimaan Keuangan Madrasah, Pengeluaran Keuangan Madrasah, Bantuan yang pernah diterima dan lain sebagainya.
Untuk lebih jelasnya silahkan anda download Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online dengan format PDF berikut:
Demikianlah isu mengenai Panduan Pengelolaan EMIS Kemenag Online yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya.
0 Response to "Panduan Pengelolaan Emis Kemenag Online"
Posting Komentar